Thursday, November 13, 2014

Get Ready for The Time of The Year Again

Apa sih yang sebenernya gw maksud di judul? Yak, it simply means rainy season. Oooo musim hujan. Masalahnya, musim hujan di sini bukan sekedar musim hujan biasa. *halah. Kuliah di Bogor selama 4 tahun memberikan banyak pelajaran hidup yang berharga buat gw, terutama dalam menghadapi musim hujan. Heh heh. Meskipun sekarang gw udah berada di bagian lain dari Bogor, ternyata kondisinya ga jauh beda dan aturan-aturan dari jaman kuliah dulu masih tetep bisa diterapin di sini.


Peraturan pertama di musim hujan ini sudah jelas, sedia payung sebelum hujan. And I really mean it. Ga peduli paginya mau secerah apa, burung berkicau, matahari bersinar terang, langit biru di angkasa, tetep wajib masukin payung dalam tas. Pengalaman gw, biasanya saat musim hujan setelah tengah hari akan mulai mendung. Dan dari mendung yang teduh, sejuk, dan romantis (?) itu ga lama kemudian akan datang hujan badai, atau hujan aja. 

Peraturan kedua, terutama untuk ibu-ibu dan anak kost ya, amankan jemuran anda di tempat yang terlindung jika hujan turun atau simply, titipin tetangga. Jangan lupa dijepit ya biar ga beterbangan. Ha ha. Sama kayak peraturan pertama, jangan ketipu sama wajah siang hari yang terang benderang dan panas terik. Belief me, it's just a matter of time when it turns into crazy stormy rain. 

Peraturan ketiga buat pejalan kaki, kalau bawa barang berharga yang rentan kalau kena air semacam laptop, buku catatan kuliah (iya, ini berharga), sebaiknya bawa kompartemen kedap air, bahasa kerennya, kantong plastik. Karena seperti yang gw bilang di awal, hujan di sini bukan hujan biasa, tapi spesial, komplit dengan angin yang bikin arah jatuhnya air hujan itu ke mana-mana. Ngandelin payung aja ga bakalan cukup. Apalagi kalau payungnya tipe payung kecil cantik. Get rid of that kind of umbrella when you're here. You must be ready for the waaaaar! Ganti sama payung yang kokoh, karena anginnya cukup kenceng buat ngebalik payung. 

Peraturan keempat, bwt pengendara motor. Jelas lah ya, selalu sedia jas hujaan. FYI, gw dulu waktu kuliah ga punya jas hujan. Bukan, bukan karena gw ga punya duit buat beli jas hujan (sombong), tapi karena gw pemalas tingkat lanjut. Jadilah gw sering basah kuyup setelah hujan-hujanan naik motor.
Peraturan kelima buat yang bawa mobil. Jangan ngerasa aman mentang-mentang bawa mobil ya kamu! (jiwa ibu tiri keluar). Jangan lupa bawa payung di dalem tas. Payung sebagus dan setangguh apapun ga bakal berguna kalau ditinggal di dalem mobil, apalagi kalau parkirnya outdoor dan jauh. Tips juga buat pengguna mobil, ga usah rajin-rajin nyuci mobil selama musim hujan di sini. Percuma. Baru kinclong bentar lima menit kemudian juga udah jorok lagi. (Gw yakin nyokap gw ngomel saat dia tau prinsip gw yang ini). Anyway, buat pengguna mobil, tolong lebih ati-ati nyetirnya waktu musim hujan kayak gini. Lebih waspada sama genangan air, bukan buat keselamatan dan kegantengan mobil sendiri, tapi juga keharmonisan hubungan dengan pengguna jalan yang lain, aka. pengendara motor. Jangan sampai waktu ngelewatin genangan air kena pengendara motor. Bukan cuma bikin basah atau kotor, tapi kalau sampai pengendara motonya kehilangan kendali dan jatuh? We don't want bad things happen.Right? 

Sama-sama jaga keselamatan dan kesehatan yaa musim hujan ini. Kalau di Game of Throne, mereka akan bilang "Winter is coming"!

No comments:

Post a Comment