Wednesday, May 16, 2012

KRL

Assalamu'alaikuuum. Wua, ternyata udah hampir sebulan ga ngeblog. Apakah saya sibuk? well, ga juga. Cenderung nganggur ga jelas malah. Ha ha. Oke, jadi sebulan terakhir ini kebanyakan yang gw lakukan adalah "nunggu kabar". Baik untuk urusan MIT atau kartu ATM gw, yang karena kebodohan diri gw sendiri, terblokir dengan suksesnya. Alhamdulillah sekarang udah bisa dipakai kembali. ho ho ho *riang dan gembira.


Selama hampir 4 tahun kuliah di Bogor, gw selalu pulang - pergi naek kereta api. Kenapa? Karena naek kereta api itu enak, ga macet. Tinggal duduk, tidur, nyampe. Naek bis juga tinggal duduk sih sebenernya. tapi.. gw dulu termasuk "pemabuk" alias gampang mabuk kalau naik bis dan gw takut ada di terminal sendirian, lebih berani di stasiun sendirian.ha ha. Ada beberapa hal yang beda di perjalanan pulang kemaren. Kemaren itu pertama kalinya gw bener2 pulang sendirian mulai dari Bogor sampai Banyuwangi, pertama kalinya juga mampir dan maen di Surabaya.
Gw dulu, ga pernah berani untuk ke Jakarta sendirian dari Bogor, jadi tiap pulang atau datang, pasti ngerepotin orang bwt minta ditemenin _ _" Tapi kemaren, gw udah berani,ha ha ha. Mulai dari kost-rumah-stasiun Bogor-Gambir, gw berhasil sendirian, yei! ternyata ga serem2 amat yak. ha ha. Gw jadi inget kata nyokap, "Kalau udah terpaksa ya pasti bisa." agaknya cukup tepat untuk jadi moto seseorang yang deadliners kayak gw.

Nglakuin perjalanan sendiri itu kadang jadi hal yang menyenangkan, memberi kita banyak waktu untuk sendirian dan memikirkan banyak hal dengan bebas. Juga bisa mengamati orang2 yang ada di kereta, mulai dari wanita karir yang keren2, ibu2 yang suka ngobrol, ibu2 yang bawa anak kecil, adek2 abg ababil *ups, bapak2, anak2 kecil berisik, macem2 lah penghuni kereta. Pernah di salah satu KRL tujuan Jakarta yang gw naekin ada anak kecil cewek pake seragam SD, mungkin baru kelas 3. Duduk diem dengan tenang di kereta,kaga ada orang yang lebih tua yang nemenin dia. Wuah, gw salut banget sama anak itu karena gw berpikir, "Astaga.. seumur gitu gw bahkan ga berani pulang dari SD ke rumah sendirian yang jaraknya bisa ditempuh pake sepeda angin, 10 menit doang kalo naek motor." Waktu itu banyak juga orang yang merhatiin anak kecil itu, pada nanya2 turun di mana, sama siapa, dan bilang hati2 yaa. Rasanya seneng juga ngeliat orang2 yang bahkan ga saling kenal bisa interaksi kayak gitu. Gw sendiri? tetep diem di pojokan sambil menatap kagum ke si anak kecil.ha ha, semoga ga dikirain penculik anak-anak.

Naek KRL juga bisa jadi tempat buat mengamati apakah teori2 yang ada di pelajaran PPKn (dulu namanya ini,sekarang kalau ga salah Kewarganegaraan ya?) itu diterapkan dalam kehidupan sehari2 atau ga. Yang namanya KRL itu kan pada jam2 tertentu penuhnya bisa ga kira-kira ya, orang udah semacam pepes ikan gitu di dalam gerbong kereta, meskipun ga separah di KRL ekonomi non-AC sih. Nah, kalau udah penuh gitu suka ada kejadian seru, hu hu. Waktu itu pernah ada ibu2 yang tiba2 ngomel ke bapak2 di deketnya, katanya didorong2 sampai dia kejepit di pintu. Dan si bapak2nya bales ngomel juga dong. Wuah, berasa ada di medan pertempuran. Mau didengerin ga enak, mau ga didengerin, ga bsa. ha ha.lha wong mereka ngomongnya kenceng dan saya ada di dekatnya. Syukurlah akhirnya salah satu pihak mengalah, diem aja, jadi ada gencatan senjata. Di gerbong yang sama itu juga ada sekelompok ibu yang lagi ngobrol. sebenernya sih biasa aja ada ibu2 ngobrol di kereta, yang bikin ga biasa adalah... ibu2 itu ngobrol dengan suara kenceng banget! ha ha. Waktu itu posisi gw mayan deket sama2 kumpulang ibu2 itu, agak di ujung gerbong. Waktu ibu2 itu ngobrol, gw sempet liat pengunjung di daerah ujung lain gerbong ngeliatin ke arah sumber suara. Fuuu,jadilah gw dapet informasi gratis tentang Ibu A, anaknya ibu B, harga sewa kios di daerah anu, kabarnya suaminya ibu C, bla bla bla. fantastis! :D Kalau ibu2 semacam itu anggota sindikat mafia narkoba atau teroris, bisa dipastikan kerjaan polisis akan jadi ringan, fu fu fu.

Teruus, mana pelajaran PPKn nya? kok malah ngomongn ibu2. he he. Jadii, dulu kan pasti ada tuh jenis soal atau bacaan di buku PPkn yang menyatakan kita harus ngasih kursi ke penumpang yang lebih membutuhkan, misalnya manula, ibu hamil, ibu yang bawa balita, dan orang cacat. Nah, di KRL ini gampang bgt liat pelajaran itu diterapin atau ga. Alhamdulillah, gw masih liat mbak2 mahasiswa yang ngasih tempat duduknya ke ibu2 yang bawa anak kecil. Gw sendiri? ngasih juga doong. Kan warga negara yang baik, mua ha ha ha ha. Tapi sedihnya kejadian seperti itu ga selalu terjadi. Sering juga gw liat mas atau bapak2 yang cuek2 aja duduk dengan nyaman meskipun di dketnya ada manula atau ibu2 sama balita. Semoga lebih banyak lagi orang2 baik hati di kereta :) Buat cewek, lebih baik milih di gerbong khusus wanita, apalagi kalo perginya sendirian. Dan jangan lupa pegang barang bawaan erat2.

See you later! ;)

No comments:

Post a Comment