Sunday, April 22, 2012

A n g k o t

Assalamu'alaikum :)
Hampir 4 tahun tinggal di Bogor ini, baru belakangan ini aja gw sering naek angkot. Yep, angkot adalah kendaraan umum yang teramat sangat umum ada di sini. Bahkan saking umumnya, kalau dilihat dari atas, mungkin jalan raya di sini lebih penuh oleh angkot dari pada kendaraan pribadi. Gw jarang menikmati 'asik'nya kendaraan satu ini soalnya gw bawa motor dan ke mana-mana naek motor sejak tingkat pertama. Waktu tahun pertama di asrama, beberapa kali "berwisata" naek angkot sama temen2 selorong, tapi rute yang kita tau cuma itu2 doang. Dari kampus naek kampus dalam ke bubulak atau laladon, setelah itu, 03 ke Botani Square atau 02 ke BTM. udah, dua itu doang, ha ha ha. jadilah sampai sekarang cuma dua rute itu doang yang gw tau dan gw jadiin patokan. Nambah satu jalur lagi, 05 kalau gw mau pulang ke rumah saudara gw di Bogor. he he.


Beberapa waktu lalu banyak beredar berita2 seram tentang angkot. bukan, bukan semacam anngkot misteri, atau supir angkotnya yang ternyata berwajah datar, tapi sesuatu yang lebih 'menakutkan' dari itu: pemerkosaan di angkot. Astaghfirullah. Naudzu billahi min dzalik. Jadi, sempat muncul kasus2 semacam itu di TV dan koran. Korbannya mulai dari anak SMP sampai ibu2. Selain kasus kayak gitu ada juga perampokan. Biasanya angkotnya punya kaca gelap. Ini padahal udah dilarang karena kendaraan umum harusnya pake kaca transparan. Waktu denger berita2 kayak gini, sempet aga takut juga mau naek angkot sendirian. Tapi yah, berdoa setiap sebelum naek angkot dan waspada sama kondisi dan orang2 yang ada di angkot cukup membantu :)

Tapi ga cuma hal - hal negatif aja lho yang berhubungan sama angkot. Gw punya beberapa pengalaman yang cukup ehm, mengesankan, waktu naek angkot. Yang pertama terjadi di terminal Laladon. Waktu itu gw mau ke Botani Square sendirian. Seperti biasa, abis turun dari angkot kampus dalem pasti langsung rame teriakan abang2 pencari penumpang "Stasiun2, Minal2, BTM2" "Teh stasiun teh, minal. brangkat2" "Dua lagi dua lagi" yah, semacam itu lah. Gw cukup ahli juga kayaknya niruin mereka, he he. O ya, out of topic dulu bentar, salah satu hal yang gw suka di Bogor ini, abang2 di terminalnya itu ga serem dan pecicilan. Paling pol ya cuma neriak2in gitu doang, ga sampai narik2 atau ngebuntutin kita kayak yang sering gw denger dari cerita teman2 di terminal Surabaya -_-. Balik lagi ke cerita, setelah nyari2, akhirnya gw masuk ke angkot 03 yang udah ada beberapa penumpangnya. Terus ada sekeluarga ibu, bapak, sama beberapa anak kecil yang mau masuk. Si bapak ini ngerokok. Otomatis, abang2 pencari penumpangnya bilang "Pak. rokoknya matiin dulu pak di angkot. Matiin dulu pak." dan bapak itu pun matiin rokoknya dulu sebelum masuk angkot. Waaaa, gw langsung takjub, mata bersinar2, muka bercahaya.. gak sih, gak sampai segitunya :D Yang jelas gw kagum sama abang2 yang negor dan si bapak yang mau matiin rokok itu. Kita semua penumpang2 lain yang ada di angkot kan jadi bisa menikmati perjalanan nyaman tanpa asap rokok. Sayangnyaa, masih amat sangat banyak penumpang dan orang2 lain yang ga peduli sama urusan rokok ini :( Gw masih sering naek angkot yang berisi bapak2 atau mas2 yang ngerokok. Bahkan kadang supirnya sendiri pun ngerokok. Huft. Mau negor pun ga selalu berani. Cuma bisa diam, batuk2, atau pindah angkot. Semoga lebih banyak orang yang peduli sama urusan nyawa ini. serius lho, rokok itu ga cuma bahaya bwt si perokok doang kan.tapi juga orang2 di sekitarnya yang ikut ngehirup asap rokoknya :|

Selain kejadian rokok, Ada satu kejadian lagi yang masih gw inget. Waktu itu gw mau balik ke kampus dari rumah saudara, naek angkot 05. Di tengah jalan ada 2 orang mau naek. Kakek2 sama ibu2 yang udah agak berumur. Waktu angkotnya mulai jalan, kakek ini ngasih alamat ke supirnya, kayaknya dia ga terlalu kenal daerah situ dan ga tau letak alamat yang dituju. Ternyata si supir itu cukup tau, beliau ngasih tau cara sampai ke alamat itu, angkot mana yang harus dinaekin, bapak siapa yang harus dicari, dan nurunin 2 penumpang itu di tempat yang gampang bwt nyari angkot yang bener. Gw bersyukur, masih bisa ketemu dengan orang2 yang peduli seperti beliau :)

Okay, segini dulu cerita angkotnya. O iya, beberapa hari lalu gw sempat nyasar waktu naek angkot sendiri :D untunglah orang2 di terminal itu ramah2 dan ngasih tau jalan yang benar. he he. Sepertinya gw akan menjelajah naek angkot lagi minggu depan. Semoga ga nyasar. fu fu fu. See ya.

No comments:

Post a Comment