Wednesday, November 30, 2016

Pancake

Hai hai, kemaren sore saya bikin pancake. Not from scratch sih, karena saya beli tepung pancake. Jadi tinggal nambahin air/susu dan telur kemudian diaduk. Margarin pun sudah disediakan terpisah dalam kemasan tepung pancake. Dulu waktu masih di rumah, pernah juga bikin pancake dengan si kakak. Tapi entah kenapa waktu itu kok kurang sukses ya, padahal pakai tepung pancake instan juga. Beda merek sih dengan yang saya pakai kemaren. Bisa jadi karena beda merek, bisa juga karena saya sekarang lebih ngerti cara praktekin instruksi yang ada di kemasan, he he he.



Nah, inilah penampakan pancakenya. Lumayan kaan, ini ada dua lapis, tengahnya dikasih margarin dan meses permintaan dari suami. Pancake yang ada di foto ini emang bukan pancake yang fresh from the pan semalem. Semalem saya hanya bikin setengah resep karena saat baca serving size di kemasan, satu kotak tepung instan tersebut bisa untuk bikin 10 pancake. Wih, banyak juag kalau hanya untuk berdua. Akhirnya saya hanya bikin setengah resep, jadilah 5 pancake dengan ukuran yang tidak seragam. Saya hanya makan satu karena sudha beli rujak buah juga untuk dimakan malam itu. Ternyata sisanya pun masih teralalu banyak untuk suami sehingga dia menyisakan 2 pancake untuk sarapan. Sisa pancake tersebut saya masukkan dalam kulkas. Kemudian tadi pagi sesuai permintaan D, satu pancake saya olesin margarin kemudian ditaburi meses, ditumpuk dengan satu pancake yang lain, kemudian dimicrowave selama 1 menit. Selain untuk menghangatkan juga untuk melelehkan meses. Alhamdulillah, keluar dari microwave pancakenya kembali lembut dan haruum. Saya pengen nyicip sedikit pun ternyata udah ga disisain. Hu hu hu. Kayakanya nanti sore masih akan bikin pancake lagi deh. Ngabisin setengah kotak yang tersisa.

Setelah cukup berhasil bikin pancake semalam, rasanya jadi pengen tau cara bikin pancake dari awal (yang ga pakai tepung instan), karena pasti lebih akan lebih irit. Tapi kalau ternyata bedanya ga jauh mah, kayaknya bakal tetep beli tepung instan ini tiap pengen. Toh, bikinnya ga perlu banyak-banyak dan ga sering. He he he. Yang praktis ajalah. O iya, kemarin sebenarnya pengen beli pisang juga untuk ditambahkan sebagai garnish di pancakenya, supaya semakin mirip dengan yang dijual di restoran-restoran. Tapi ternyata pisang yang tersedia udah mulai muncul bintik-bintik coklatnya yang berarti umurnya ga akan lama lagi. Batal deh pisangnya. Akhirnya semalam saya makan pancake dengan madu, sedangkan D makan pancake dengan eskrim coklat. Lumayan laah, makan pancake pake eskrim, mirip-mirip kayak di resto. Pancakenya pun terasa lembut loh. Tepung pancake yang saya pakai semalam adalah merek Chesa, keluaran bogasari. Harganya memang sedikit mahal daripada tepung pancakenya merek Haan. Kalau hasilnya enak gini sih, kayaknya besok-besok pun akan beli merek yang sama. Yuk ah cari-cari resep dulu.



No comments:

Post a Comment