Monday, January 18, 2016

Bom (dan) Hujan

Selamat pagi. Udah hari Senin aja deh, kembalikan weekend sayaa. Hari Kamis lalu ada pengeboman di Jakarta. Korban meninggal ada 7 orang termasuk 5 orang pelaku. Semoga polisi segera berhasil memecahkan kasus pengeboman ini. Di beberapa media disebutin kalau ISIS mengakui pengeboman ini adahal hasil kerja mereka. Tapi yah, siapa yang tau? Saat terjadi pengeboman kemarin, di grup WA langsung banjir info.Ada yang dapet info dari TV, ada yang dapet info dari grup WA lain, ada yang dapet dari kerabatnya, macam-macam. Sangat terasa arus informasi bergerak dengan cepat.
Dari info-info yang tersebar itu ternyata banyak yang tidak benar. Beberapa waktu setelah kejadian pengeboman di Sarinah, banyak info beredar yang menyebutkan aksi pengeboman juga terjadi di beberapa tempat: Semanggi, Kuningan, Cikini, bahkan Bandung. Ternyata pengeboman hanya terjadi di Sarinah. Aksi kejar-kejaran yang melibatkan baku tembak memang terjadi sampai ke daerah Thamrin. Waw. Siapapun pelakunya, memang mereka bertujuan menyebarkan teror, menyebabkan rasa takut bagi siapa saja. Entah info-info yang tidak benar itu sengaja disebarkan atau tidak sengaja tersebar, tapi semakin mengingatkan kita untuk selalu waspada dan mengkritisi informasi yang kita terima, supaya tidak ikut menyebarkan berita yang salah dan menimbulkan kepanikan. Info terakhir dari berita, penyelidikan terus dilakukan dan sudah ada lebih dari 10 orang ditangkap. Semoga kasus ini bisa diselesaikan dengan baik.

Segitu aja bahas bomnya, yang mau tau lebih banyak bisa nyari di berita. Mau bahas soal cuaca nih. Seminggu kemarin jarang banget hujan. Padahal sekarang bulan Januari. Ekspektasinya sih bakal hujan sehari-hari. Ternyata sangat berbeda dengan tahun lalu. Musim hujan benar-benar berarti hujan setiap hari. Kabarnya memang efek El-Nino masih terus berlangsung. Di negara-negara subtropis pun banyak yang belum mengalami salju, padahal normalnya Desember sudah bersalju. Bogor yang biasanya ga kenal musim kemarau pun terkena efeknya. Setelah semingguan kemarin panas dan gerah banget, kemarin siang mendung  gelap disusul hujan deras lengkap dengan guntur dan petir. Alhamdulillah. Tadinya udah kepikiran harus mulai rajin nyiramin taman, kasian rumputnya udah berhari-hari ga dapet air. Hujan deras berubah jadi hujan kecil dan gerimis sebelum maghrib. Malemnya udah ga bersisa sama sekali. Tapi mendungnya masih ada sampai tadi pagi. Bikin males bangun, he he he. Tapi sinar matahari udah muncul nih, semoga waktu pulang kerja sore nanti ga hujan.




No comments:

Post a Comment