Thursday, January 21, 2016

DIY Face Product

Kayaknya baru beberapa hari lalu saya bilang tentang musim yang seharusnya hujan setiap hari ini berasa musim kemarau. Coba tebak, udah 3 harian ini hujan turun setiap sore. Shut your mouth up, Dhi. Gini baru terasa musim hujannya.Jadi keinget waktu masih kost dulu pernah ngalamin berhari-hari ga liat matahari, mendung terus. Tapi, sebagai ibu rumah tangga, hal yang dikhawatirkan saat musim hujan gini adalah: cucian. Alhamdulillah, sekarang sudah ada mesin cuci. Pakaian yang dijemur sudah setengah kering dan numpuk cucian sampai banyak pun ga terlalu jadi masalah buat nyucinya. Udah ah ngomongin cuciannya. Mau share hal yang lain nih.
Dari lama sebenarnya pengen share tentang perawatan wajah alami yang saya pakai, cuma dua sih: toner dan lulur wajah. Ide awalnya muncul ketika rajin baca forum di Female Daily (FD) mengenai home remedies. Saya sendiri bukan orang yang strict harus pakai bahan alami, apalagi organik untuk perawatan. Tapi, ketika baca-baca di forum itu jadi tertarik juga. Daya tarik utamany tentu saja: harganya murah! He he he he. Saya dulu pernah tergoda untuk mencoba lulur wajah yang lagi rame banget di Instagram. Banyak yang bilang ampuh untuk ngilangin jerawat dan noda bekas jerawat. O iya, sebagai informasi, tipe kulit saya berminyak kombinasi dan acne prone. Jadi emang harus telaten banget bersihin wajah supaya ga ada kotoran yang nempel dan menyebabkan jerawat. Saya juga ga terlalu banyak nyobaik perwatan wajah yang macem-macem sih. Dari SMA hingga kuliah pakai krim malam yang diresepin dokter kulit aja. Tapi ketika udah kerja, jadi ribet kalau harus terus pakai krim itu karena dokternya ada di Banyuwangi.

Akhirnya, saya bertekad mau pakai OTC (on the counter) product, atau produk yang dijual bebas di pasaran. Alhamdulillah ketika berhenti dari krim dokter ini ga terjadi apa-apa sama muka saya, semoga ini berarti krim yang saya pakai sebelumnya memang aman. Rangkaian perawatan wajah OTC pertama yang saya coba adalah produk-produk dari The Body Shop. Ya kalau dibilang cocok, cocok aja sih, tapi saya kurang puas karena jerawat masih aja nongol terus. Ga banyak, satu dua aja, tapi ada terus. Hu hu hu. Akhirnya saya nyobain lah lulur wajah itu. Dan ga ngefek apa-apa juga ternyata. Ha ha. Tapi memang terasa lembut sih tiap abis dipakai. Lulur ini saya pakai setiap sore sebagai pengganti sabun wajah. Karena efeknya tidak sebagus yang saya harapkan, akhirnya saya ga beli lagi ketika habis.Banyak dapat info dari FD, membuat saya tertarik untuk bikin lulur wajah sendiri. Saya buat dari oat yang diblender sampai halus, ditambah susu bubuk, dan kayu manis. Bahan dasarnya sih oat dan susu, kayu manis ini saya tambahkan karena dia punya sifat antiseptik, jadi bisa mematikan bakteri penyebab jerawat. Ternyata, saya suka dengan hasil lulur wajah ini. Memang sih, tidak instan terlihat kinclong. Yang sangat saya suka adalah benar-benar terasa halus di wajah. Sampai sekarang masih terus saya pakai, itung-itung ngurangin paparan bahan kimia ke wajah. He he he.

DIY face product yangebrikutnya adalah toner. Tadinya saya pakai toner dari The Body Shop yang seaweed karena di deskripsinya bisa mengecilkan pori-pori. Ternyata hasilnya biasa ajalah. Sama aja kayak pake toner Viva yang jauuuh lebih murah. Lagi-lagi karena dapet info dari forum di FD, saya berinisiatif untuk bikin toner sendiri dari apple cider dan air. Simpel banget. Tinggal nyamppur keduanya ke dalam botol. Perbandingan keduanya disesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing. Untuk pertama kali, lebih baik apple cidernya kurang dari 1/10 bagian. Karena takut terlalu asam untuk kulit. Lama-lama bisa ditingkatkan sesuai dengan kondisi kulit. Alhadmulillah, sampai sekarangmasih cocok saya pakai setelah mandi sore dan yang pasti super hemaaat.

Begitulah cerita mengenai DIY face product yang saya pakai. Di samping dua produk itu, saat ini sih sudah nemu perawatan wajah OTC yang (semoga) tepat. Maleslah mau gonta-ganti lagi meskipun kadang masih timbul jerawat, apalagi kalau udah deket-deket waktu datang bulan. Tapi, saya tekunin aja pakai yang sekarang. Anggep aja kayak investasi. Hasilnya akan nampak beberapa waktu kemudian. Kalau keseringan ganti, nanti malah ga terlihat hasilnya dan kasian juga kulit wajah terapapr berbagai macam bahan. Semoga membantu.

No comments:

Post a Comment