Wednesday, August 31, 2016

Pilek

Pilek! Yep, sejak hari Sabtu hidung saya berair dan tenggorokan mulai terasa sakit. Biasanya saya langsung minum obat flu semacam decolgen atau neozep, tapi karena sedang menghindari obat-obatan, jadinya hari Minggu saya dan D belanja lemon dan buah-buahan lain. Sorenya langsung bikin lemon madu satu gelas besar. Alhamdulillah. Saya merasa cukup manjur minum segelas lemon madu dua kali sehari. Tadinya saya ingin bikin lemon madu seperti yang ada di Youtube, yaitu lemonnya di'awetkan' dalam madu selama tiga hari baru kemudian cairannya diseduh dengan air. Tapi, berhubung butuh dalam waktu cepat, ya sudah bikin dengan cara konvensional aja: air perasan lemon dicampur dengan madu, kemudian diseduh dengan air hangat. Enak!
Saya sempat tidak masuk kantor pada hari Senin. Karena saya tahu resep untuk flu sebenarnya adalah banyak makan dan istirahat. yah, sebagai pelanggan sakit flu sejak kecil, sudah hafal triknya. Nah, kalau mau dipaksakan pun bisa saja tetap masuk ke kantor hari Senin. tapi, daripada waktu kerja tidak efektif dan malah ga bisa istirahat, saya memilih untuk istirahat di rumah. Hampir seharian hanya berbaring dengan sandara kepala ditinggikan. Cuaca juga mendukung karena agak mendung, sempat gerimis sedikit pada waktu siang hari. Berada di rumah di siang hari pada hari kerja adalah suatu kemewahan. Yep. Karena biasanya harus ada di kantor. Meskipun hanya bisa teronggok di tempat tidur, bersyukur sekali bisa beristirahat di kamar yang nyaman sambil melihat keluar melalui jendela.

Syukurlah, berkat istirahat sehari penuh dan asupan lemon madu, kondisi saya semakin membaik. Kemarin masih cukup terasa pening di kepala. Tapi hari ini sudah lebih baik lagi. Kepala tidak lagi terasa sangat berat dan hidung tidak terus-terusan berair. Saya sudah menghabiskan satu kemasan tisu loh. T_T Memang kalau sudah sakit begini baru terasa ya, betapa besarnya nikmat sehat itu. tapi sejujurnya saya masih ga tau apa penyebab pilek kali ini. Karena saya tidak terkena hujan, tidak capek, debu? Entahlah. Dari kecil memang saya cukup rentan terkena pilek. Kalau anak-anak kecil lain gampang sakit panas, saya justru jarang demam. Tapi ga peduli cuaca lagi panas terik maupun hujan, bisa aja tiba-tiba pilek menghinggapi. hu hu hu.

Adakah yang punya resep lain untuk menghadapi pilek?

No comments:

Post a Comment