Thursday, November 26, 2015

Belanja to demo

Sarapan pagi ini bubur ayaam. Udah mulai bosen sih sarapan selang seling lontong sayur dan bubur ayam. Sebenernya dari dulu tuh pengeeen banget bikin roasted potato atau roasted sweet potato, bahkan sampai udah ngumpulin resep-resepnya segala. Apa daya ga punya oven, microwave di rumah pun eror, jadi belum bisa terlaksana. 


Hari ini cukup semangat karena kemarin sore beli buku baru, buku keduanya Game of Thrones: A Clash of Kings. Mue he he he. Sebelumnya sempet debat sama D, saya pengen beli buku fisik, dia pengen beli e-book. I told him that my eyes aren't good with reading on digital monitor. Dia malah bilang makanya ini (insert gadget untuk baca e-book). Noo, no more gadget dude. Saya memang lebih senang baca buku fisik, ya selain ga bikin mata lelah, memang ingin mengoleksi bukunya, ga takut abis batere pula. Akhirnya kemaren sore saya ke mall deket kantor, ditemani oleh Dina. Mampir ke Guardian buat beliin ini dan itu untuk D, eh ternyata lagi banyak banget promo. Ini nih yang saya suka dari drugstore macam Guardian dan Watson, sering ada promo. Agak tricky sih karena harus jeli ngeliatin tag-tag harganya dan ngebandingin dengan harga barang di tempat lain: ini diskonnya beneran ga nih? Jangan-jangan sama aja atau malah lebih mahal daripada toko sebelah? Kalau emang lagi niat untuk belanja bulanan, biasanya saya samperin dulu guardian dan watson, merhatiin harga barang-barang yang saya butuh, setelah kena diskon jadinya berapa , terus barulah ke supermarket, ngebandingin harganya. Kalau memang lebih murah di drugstore, saya akan beli, kalau ternyata lebih mahal atau sama saja, ya sudah beli di supermarket sekalian. Niat banget yak. Itu kalau emang lagi belanja bulanan atau belanja banyak sih. Kalau kemarin sore, karena niatnya hanya beliin beberapa item untuk D, ya udah liat-liat sekedarnya aja apa yang ada di situ. Ternyata ada beberapa barang sehari-hari yang diskonnya lumayan, beli deh :-D
Lumayan lhoo diskon-diskon kayak gitu. Harga normal di drugstore gitu emang biasanya lebih mahal daripada di supermaket, makanya saya bisanya beli produk yang lagi promo aja. Hi hi hi.

Niat berhemat deh mulai sekarang. Jujur aja, sejak nikah emang pengelolaan keuangan kami masih berantakan. Saya belum bikin daftar prioritas yang rapi. Jadi income yang masuk masih belum diprioritaskan untuk tabungan. Sekarang mau mulai rapi nih, paling lambat tahun depan ;lah udah harus bisa mentingin tabungan dulu. Beberapa hari yang lalu waktu ngobrol dengan ibu, beliau mengingatkan untuk ngatur keuangan, ngingetin untuk hemat, dan ngingetin yang lain-lain. Jadi kesentil juga sih dan agak nyesel kenapa dari kemarin - kemarin masih los aja belanja. Bener kata ibu sih, pendapatan berapapun kalau kita ga bisa mengelolanya, ga akan cukup. Semoga niat ini bisa benar-benar terwujud.

Ngomongin pendapatan jadi inget tadi pagi dengerin orang-orang di ruangan ngobrolin demo buruh yang udah berlangsung 2 hari kemarin (dan katanya akan berlanjut sampai besok, what the ... -_-). Orang-orangpada berasumsi demo buruhnya untuk kenaikan gaji. (Saya kemarin waktu pulang sempet liat spanduk demonstrannya ada tulisan batalkan PP sekian sekian, entah itu tentang apa) karena memang seringnya demo yang terjadi bertujuan minta keanaikan UMR. Ada teman yang nyeletuk,  "padahal UMR mereka dengan gaji pokok kita aja gedean mereka lho." Dan ditimpali oleh kepala bidang saya, "Kita ini juga sebenernya buruh, tapi digaji oleh negara. Mau penghasilan berapa juga yang penting gaya hidupnya. Kalau gaya hidupnya ga karuan, ntar gaji udah dinaikin juga tetep kurang. Kemarin saya liat demonstrannya ada yang naik motor ninja. Saya pakai motor beat saja masih nyicil. He he he." Intinya kembali lagi bagaimana kita mengelola apa yang kita punya.

Saya sendiri karena saudah dua kali kemarin terjebak macet gara-gara demo, jujur saja jadi kurang simpati dengan para demonstran itu. Mereka menutup jalan umum, buang sampah sembarangan lagi. Lah, emang jalan punya mereka aja? Bagusnya, mereka ga anarkis dan cukup patuh dengan pengawalan polisi. Suka sedih kalau lihat berita tentang demonstran yang merusak fasilitas-fasilitas umum. Itu kan aset negara, yang dibeli dan dipelihara pakai uang negara yang adalah uang kita dari bayar pajak. Ngerusak fasilitas-fasilitas itu sama kayak ngerusak barang sendiri dong? Nantinya biaya untuk memperbaiki itu semua dari mana? Ya balik lagi pakai uang negara, uang kita.. Fuuuh.

Semoga hari ini berjalan lancar. Yang mau demo silakan demo, tapi jangan mengganggu kepentingan umum. Pelajaran dari jaman bocah dulu: kepentingan umum lebih didahulukan daridapa kepentingan golongan bukan?

No comments:

Post a Comment